Home » » Berbagai Sumber Makanan yang Membuat Rambut Sehat

Berbagai Sumber Makanan yang Membuat Rambut Sehat

Ditulis oleh Unknown pada Sunday, May 19, 2013 | Sunday, May 19, 2013

Info lengkap - Kemarin Kami telah berbagi Tips Cara Merawat Rambut Kering Dengan : Minyak Zaitun | Minyak Esensial | Madu, kali ini Kami akan share Berbagai Sumber Makanan yang Membuat Rambut Sehat. Kesehatan rambut merupakan hal yang sangat penting dan sangat berharga tidak hanya bagi kaum wanita, namun juga bagi kaum pria. Rambut mampu mempercantik penampilan seseorang sehingga terlihat lebih menarik dan tentunya menawan. Beberapa masalah kerusakan rambut seperti rambut rontok, rambut kusam, rambut patah, rambut tipis, sebagian besar disebabkan karena kondisi rambut yang kurang sehat. Banyak cara perawatan rambut yang ditawarkan kepada kita untuk mendapatkan rambut yang sehat nan indah. Tapi, berbagai cara perawatan dari luar saja tentu tidaklah cukup. Diperlukan juga cara perawatan rambut dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang ternyata ikut berperan dalam menjaga kesehatan rambut.

Berikut ini Kami berikan informasi mengenai sumber-sumber bahan makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut :

wortel1. Air Putih
Air putih memang sehat. Tak bisa diragukan lagi bahwa air merupakan komponen yang sangat esensial dalam menjaga kesehatan tubuh Kita. Asupan air putih yang cukup ke dalam tubuh manusia merupakan kunci untuk menjaga rambut Anda agar senantiasa lembut dan mengkilap.

Ternyata sekitar ¼ bagian dari berat rambut terdiri dari air. Oleh karena itu, tentunya amat penting memberikan pasokan air yang cukup ke dalam rambut Kita, sehingga rambut menjadi kuat dan sehat. Minumlah air putih sekitar 8 – 10 gelas per hari, agar kesehatan tubuh dan rambut tetap terjaga dengan baik pastinya.

2. Protein
Asupan protein yang diperoleh dari menu makanan sehari-hari merupakan komponen penting bagi rambut Kita. Hampir sebagian besar meteri penyusun rambut terdiri dari protein. Protein mampu membuat rambut Anda menjadi lebih kuat dan sehat, dan mengurangi kemungkinan terjadinya rambut patah, rambut rontok, dan pecah-pecah pada rambut.

Konsumsilah berbagai makanan yang banyak mengandung protein seperti ikan, daging, susu, keju, kacang, sereal, telur, biji-bijian. Sumber protein dari kacang kedele diyakini mampu menstimulasi atau merangsang pertumbuhan rambut Kita.

3. Vitamin
Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin setiap hari. Vitamin memang paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan rambut Kita.

Vitamin A berguna bagi kulit kepala. Makanan yang mengandung vitamin A dapat diperoleh dari sayuran seperti wortel,tomat Dll.

Vitamin B dan vitamin C membantu pertumbuhan rambut, dan menjaga warna dari rambut Anda. Konsumsi vitamin B dan vitamin C yang cukup mampu membuat tiap helai rambut Anda menjadi kuat dan tidak mudah patah dan pecah-pecah. Vitamin B dan C dapat diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran, sereal, telur, susu, dan roti Dll.

Kekurangan asupan vitamin B akan membuat rambut Anda menjadi berminyak. Untuk menghilangkan masalah rambut berminyak, konsumsilah makanan sumber vitamin B, seperti padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, produk olahan susu, telur, gandum, dan sayur-sayuran hijau Dll.

Vitamin E juga bisa cukup membantu masalah rambut rontok. Vitamin E akan membantu pertumbuhan rambut agar lebih subur. Sumber makanan yang mengandung vitamin E misalnya sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, alupukat Dll.

4. Mineral
Zat besi merupakan salah satu mineral yang sangat penting dalam menjaga kesehatan rambut Kita. Zat besi membantu membawa oksigen ke dalam rambut. Jika Anda sangat kekurangan zat besi, maka rambut Anda dan folikel-folikelnya/kantung rambut yang berisi cairan akan kekurangan oksigen sehingga rambut cenderung mudah patah dan merusaknya.


Selain itu, defisiensi zat besi juga menyebabkan masalah rambut tipis, dan rambut rontok. Penuhi kebutuhan rambut Anda akan zat besi melalui makanan-makanan seperti daging merah, telur, sereal, sayur-sayuran berwarna hijau, atau melalui suplemen zat besi yang lain.

Tak hanya zat besi, mineral lainnya yang juga penting bagi rambut adalah Zinc (Zn) atau Seng, tembaga, mineral silica, dan yodium. Zinc membangun protein-protein dalam rambut, yang mampu mencegah rambut rontok. Makanan yang mengandung zinc antara lain daging, dan makanan-makanan laut(dalam bahasa gaul disebut sea foods).

Sementera tembaga berkontribusi pada pigmen rambut Anda. Warna alami rambut Anda dapat dioptimalkan dengan konsumsi mineral tembaga yang cukup. Tembaga akan membuat rambut Anda tidak terlihat kusam dan kering. Makanan yang mengandung mineral tembaga antara lain kerang, hati, sayur-sayuran segar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging Dll.

Mineral silica penting untuk menjaga agar rambut tetap kuat dan tumbuh subur. Mineral ini juga dapat mengurangi masalah rambut patah. Makanan yang mengandung mineral silica misalnya nasi, oat, selada, asparagus, bawang, stroberi, kubis, ketimun, biji bunga matahari, seledri, kembang kol, dan sayuran hijau.

Yodium sangat penting untuk menstimulasi kelenjar tiroid, dimana rambut yang rontok merupakan tanda-tanda adanya gangguan fungsi (disfungsi) kelenjar tiroid. Yodium juga mampu meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala untuk mencegah rambut rontok. Makanan yang mengandung yodium misalnya makanan-makanan dari laut.

5. Asam Lemak
Kekurangan asupan asam lemak bisa membuat rambut Anda kering dan mudah patah. Asam lemak diperlukan untuk membuat rambut lebih kuat dan lebih mengkilap dan bersih.

Makanan yang kaya asam lemak antara lain minyak ikan (ikan tuna, sarden, salmon, makarel), biji-bijian, kacang-kacangan, minyak, dan alpukat (avocado). Penuhi pasokan asam lemak untuk rambut Anda dengan mengonsumsi sekitar 4 porsi makanan yang mengandung asam lemak setiap minggu.

6. Asam amino tyrosine
Asam amino tyrosine diduga mampu membantu masalah rambut yang cepat beruban. Asam amino ini berperan sebagai prekursor penghasil pigmen warna rambut dan kulit Kita.

Itu tadi Berbagai Sumber Makanan yang Membuat Rambut Sehat, ternyata tidak sulit bukan mendapatkan rambut yang sehat dan indah? Perawatan rambut dari luar memang penting, namun perlu diingat, jangan berlebihan karena juga beresiko membuat rambut Anda menjadi tidak sehat dan rusak. Kombinasikan perawatan rambut Anda dari luar dan dalam agar diperoleh hasil yang maksimal. Semoga dapat bermanfaat.

Mau beli parfum yang asli dan sangat murah? baca DISINI
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Lengkap

0 comments :

Post a Comment

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA