Home » » Makanan Yang Mengandung Banyak Kalsium Tinggi

Makanan Yang Mengandung Banyak Kalsium Tinggi

Ditulis oleh idam nk pada Monday, May 27, 2013 | Monday, May 27, 2013

Info Lengkap - Sebelum Anda Mengetahui makanan yang mengandung banyak kalsium ada baiknya Anda mengetahui definisi dari kalsium itu sendiri, Kalsium adalah unsur kimia dengan kode Ca nomor atom 20. Massa atomnya 40,078 Amu. Kalsium adalah logam alkali tanah yang lunak berwarna abu-abu. Dengan kerapatan 1,55 g / cm 3, kalsium merupakan elemen terabaikan yang paling banyak kelima di kerak bumi ini. Ia juga merupakan ion terabaikan terbanyak kelima pada air laut. Kalsium sangat penting untuk organisme hidup yang ada di bumi ini, terutama dalam fisiologi sel, di mana pergerakan ion kalsium Ca 2 + ke dalam dan keluar dari fungsi sitoplasma sebagai sinyal untuk banyak proses seluler.

Fungsi Kalsium
Kalsium (Ca) berfungsi untuk mempertahankan permeabilitas membran plasma dan menyusun asam pekat dalam lamela tengah (middle lamela). Salah satu gejala kekurangan kalsium, contohnya pertumbuhan terhambat karena lamela tengah tidak terbentuk sehingga pembelahan sel terganggu. Selain fungsi kalsium adalah Memelihara tulang dan gigi, berperan dalam proses pembekuan darah, dan memelihara fungsi otot jantung. Namun, kelebihan kalsium akan menyebabkan keracunan yang berakibat pada apa yang disebut sebagai hiperkalsemia (kadar kalsium yang tinggi dalam darah), kelelahan luar biasa, mual, muntah, anoreksia, sakit perut, sembelit, haus, gangguan mental, batu kalsium, dan pengapuran jaringan. Sementara kekurangan kalsium dapat menyebabkan Karies (kerusakan gigi ), osteoporosis (kerapuhan tulang), rakhitis pembengkakan tulang kaki; kejang otot; hipokalsemia (rendahnya kadar kalsium dalam darah), darah sukar membeku, pertumbuhan tubuh yang terhambat.

Dibawah ini ada beberapa contoh makanan yang mengandung banyak kalsium, karena kalsium sangat dibutuhkan bagi tubuh Kita, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis makanan yang mengandung banyak kalsium itu :

1. Sayuran hijau.
kalsium

Beberapa jenis sayuran hijau mempunyai tingkat kalsium yang begitu tinggi dan amat layak dinobatkan sebagai sumber kalsium. Anda akan menemukan kalsium yang begitu tinggi pada bayam dengan 56 mg untuk setiap cangkir. Untuk 100 gram sawi, maka Anda akan mendapatkan 145mg kalsium. Juga, untuk satu porsi kale, akan ada 139 mg kalsium.

2. Jeruk.
Satu cangkir perasan jus jeruk organik mampu menyediakan 72 mg kalsium. Karena, selain vitamin C, maka Anda juga akan mendapatkan jumlah kalsium yang begitu tinggi, kalium, vitamin A, serta beta karoten.

3. Quinoa.
Satu cangkir quinoa yang telah dimasak menawarkan sekitar 60 hingga 100 mg kalsium. Juga, makanan ini mengandung jumlah kalium yang tinggi, seng, dan protein.

4. Kacang.
Kacang memiliki kalsium dengan tingkat yang cukup tinggi. Terdapat 442 mg kacang untuk setiap 100 gram kacang. Kacang putih merupakan jenis kacang dengan tingkat kalsium yang begitu tinggi. Kebanyakan kacang putih memiliki sekitar 175 mg kalsium untuk setiap porsi.

5. Brokoli.
Di dalam satu cangkir brokoli, maka Anda akan mendapatkan 74 mg kalsium. Juga, brokoli mengandung banyak vitamin C, dan menawarkan jumlah yang tinggi terhadap vitamin K, vitamin A, dan folat.

6. Buah-buahan kering.
Buah-buahan kering mampu menawarkan hingga 135 mg untuk kategori 5 buah kering. Selain buah kering, kacang almond yang biasa digunakan sebagai camilan ternyata juga mengandung kalsium yang sangat tnggi. Karena di dalam 100 gram almond, Anda akan mendapatkan 266mg kalsium.

Itu tadi beberapa makanan yang mengandung banyak kalsium yang bergguna bagi tubuh Kita, semoga ulasan sedikit ini dapat mebabantu Anda. Semoga bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Lengkap

0 comments :

Post a Comment