Home » » Cara Penyembuhan atau Mengobati Kanker Payudara

Cara Penyembuhan atau Mengobati Kanker Payudara

Ditulis oleh idam nk pada Friday, May 31, 2013 | Friday, May 31, 2013

Info Lengkap - Kanker payudara memang menjadi momok yang amat menakutkan bagi semua perempuan di muka bumi ini, selain keganasannya yang tanpa ampun, kanker ini kerap datang secara tanpa kita ketahui. Dengan semakin meningkatnya kesadaran para perempuan untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap payudaranya, maka, kian hari tingkat kematian akibat kanker payudara dapat diminimalisirkan. Terutama pada penderita yang berusia di bawah 30 tahun. Tetapi, jika ternyata kanker ganas ini ternyata telah bersemayam dalam tubuh Anda, mengingat perkembangannya yang sangat cepat dari stadium 1 hingga tak tertolong hanya memerlukan waktu kurang dari lima tahun. Maka Anda harus rela untuk melakukan berbagai macam tes. Semua ini dilakukan agar perkembangan sel liar kanker dapat dimonitor tingkat penyebaran. Inilah yang disebut dengan ‘stadium’. Anda tidak perlu terlalu khawtir, karena kemajuan teknologi kedokteran yang semakin berkembang dari hari ke hari.Sehingga banyak kemungkinan bagi Anda untuk lolos dari penyakit mematikanu yang sat ini.
Jika anda ingin tahu lebih detil tentang stadium dan istilah istilah medis yang harus dilalui oleh penderita kanker payudara, berikut ini urutannya:
 
kanker_payudara1. Stadium 1
Pada stadium ini, benjolan kanker tak lebih dari 2 cm dan tidak dapat terdeteksi dari luar saja. Perawatan yang sangat sistematis akan diberikan pada kanker stadium ini, agar sel kanker tidak dapat menyebar dan tidak berlanjut pada stadium selanjutnya. Pada stadium ini, kemungkinan sembuh total pada pasien mencapai 70%.
 
2. Stadium 2
Pada stadium ini, kemungkinan sembuh penderita antara 30 - 40 % tergantung dari luasnya penyebaran sel kanker itu sendiri. Biasanya besarnya benjolan kanker sudah lebih dari 2 bahkan bisa mencapai 5 cm dan tingkat penyebarannya pun sudah sampai pada daerah ketiak. Atau bisa juga ukuran kanker sudah mencapai 5 cm tapi belum menyebar kemana-mana. Biasanya dilakukan operasi untuk mengangkat sel-sel kanker yang ada pada seluruh bagian penyebaran kankernya, dan setelah operasi dilakukan penyinaran untuk memastikan tidak ada lagi sel-sel kanker yang masih hidup.

3. Stadium 3A
Menurut data dari Depkes, 87% kanker payudara ditemukan pada stadium ini. Benjolan kanker sudah berukuran lebih dari 5 cm dan sudah menyebar ke kelenjar limfa, dan tentunya akan semakin sulit tingkat penyembuhannya.

4. Stadium 3B
Kanker sudah menyebar ke seluruh bagian payudara, bahkan mencapai kulit, dinding dada, tulang rusuk dan otot dada. Selain itu juga penyebarannya juga sudah menyerang secara tuntas kalenjar limfa. Jika sudah demikian tidak ada alternatif lain selain pengangkatan payudara.

5. Stadium 4
Sel-sel kankernya sudah merembet menyerang bagian tubuh lainnya, biasanya tulang, paru-paru, hati atau otak. Atau bisa juga menyerang kulit, kelenjar limfa yang ada di dalam batang leher sama seperti stadium 3.

Berikut beberapa istilah tindakan medis yang dilakukan dokter untuk menghentikan laju pertumbuhan sel kanker:
  • Mastectomy Radikal
Pengangkatan payudara sebagian atau seluruhnya termasuk otot dada di bawah payudara untuk mencegah penyebaran kanker yang lebih luas lagi. Hanya saja sekarang metode ini sudah jarang digunakan karena teknologi kedokteran sudah semakin maju pesat.
  • Chemotherapy
Terapi yang diberikan berupa pemberian obat-obatan tertentu yang sangat kuat efeknya (anti kanker). Terapi ini bisa diberikan lewat mulut atau berupa suntikan pada pembuluh darah. Pengobatan ini harus diberikan secara berulang-ulang dengan siklus yang berlangsung antara 3 sampai 6 bulan lamanya.
  • Terapi radiasi
Metode ini biasanya diberikan bersamaan dengan masectomy, fungsi terapi ini adalah untuk menghancurkan sel-sel kanker agar tidak merembet ke bagian tubuh yang lainnya.

Vonis kanker payudara bukanlah akhir dari segalanya, dokter adalah manusia yang bisa mengatakan apa saja. Namun, tetap Tuhanlah yang akan menentukan segalanya termasuk umur kita, maka dari itu selain kita menerapkan terapi medis kita tentunya yang paling utama adalah memohon kesembuhan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Lengkap

0 comments :

Post a Comment

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA