Home » » Tips Bertransaksi (Menggunakan) di ATM Dengan Aman

Tips Bertransaksi (Menggunakan) di ATM Dengan Aman

Ditulis oleh Unknown pada Friday, May 31, 2013 | Friday, May 31, 2013

Info Lengkap - Sekarang ini kejahatan di dunia teknologi sudah banyak modusnya dan sudah banyak yang menjadi korban kejahatan ini. Ini dikarenakan korban lalai atau kurang waspada terhadap kejahatan yang kian hari kian marak dilakukan. Salah satu kejahatan yang saat ini sering terjadi adalah di ATM. Saat ini pelaku kejahatan juga sudah banyak yang pintar dalam mengutak-atik teknologi informasi sehingga mereka bisa dengan mudah masuk ke system dan pelaku kejahatan akan mengincar para korbannya.
Salah satu kejahatan di ATM adalah skimming, skimming adalah kejahatan di ATM yang mempunyai modus menduplikasi ATM milik korbanya. Jadi, pada saat korban memasukkan kartu ATM, maka si pelaku kejahatan akan menyalin data kartu ATM korban, dan dimasukkan di kartu ATM kosong. Kemudian PIN korban akan dilihat melalui kamera yang sebelumnya sudah ditempatkan di tempat tertentu sehingga si korban tidak akan sadar bahwa kartu ATMnya kini sudah disalin dan diketahui PIN nya.
Nah, karena itu kita wajib waspada terhadap jenis kejahatan ini karena korban tidak akan mengetahui ATMnya di salin dan uang yang ada di bank akan diambil pelaku tanpa pengetahuan si korban. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda pakai jika menggunakan ATM agar aman:
    transaksi_atm
  • Periksalah tempat ATM tersebut apakah masih terlihat bagus dan berada di tempat yang ramai. Jika anda bertransaksi di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian sekitar, maka kemungkinan untuk mengalami kejahatan akan meningkat.
  • Sebelum memasukkan kartu ATM di lubang kartu, pastikan tidak ada bekas lem. Biasanya alat skimmer dipasang di tempat kartu ATM. Namun, jika anda menemukan mesin ATM yang sudah terpasang antiskimmer, maka anda cukup bernafas lega karena transaksi anda akan lebih aman dan terjamin.
  • Usahakan tutupi tangan anda pada saat memasukkan nomor PIN ATM. Ini untuk mencegah terlihatnya nomor PIN anda oleh kamera atau orang lain.
  • Gunakan nomor PIN yang sulit ditebak. Ini untuk menghindari pencurian nomor PIN ATM.
  • Ganti nomor PIN ATM anda secara berkala untuk menambah keamanan dalam bertransaksi.
  • Lapor ke bank tempat anda menyimpan uang jika mengalami kejanggalan pada saldo Anda. Ini dilakukan agar pihak bank bertindak cepat dengan masalah yang anda hadapi sekarang.
Itu tadi beberapa tips dalam bertransaksi menggunakan ATM. Jika Anda sudah melakukan tips-tips tersebut, maka anda lebih aman dalam melakukan transaksi menggunakan ATM. Semoga bermanfaat.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Lengkap

0 comments :

Post a Comment

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA