Home » » 5 Tips Jitu Mencegah Penyakit Jantung Koroner

5 Tips Jitu Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Ditulis oleh idam nk pada Tuesday, June 18, 2013 | Tuesday, June 18, 2013

Info Lengkap - Jantung koroner adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Teror penyakit ini sudah terkenal sebagai penyebab kematian tertinggi bagi orang dewasa. Tidak mengherankan jika banyak pihak terus berusaha menekan angka kematian akibat penyakit ini. Penyakit jantung koroner timbul karena saluran arteri yang berfungsi membawa oksigen ke jantung terhambat. Akibatnya, jantung tidak mendapat pasokan oksigen yang memadai. Padahal seperti kita tahu, jantung memegang peranan penting bagi tubuh manusia.
Terhambatnya pasokan oksigen terjadi karena fenomena yang disebut dengan LDL ( low density lipoproteins ) yang jika dibiarkan, akan menimbulkan timbunan plak di pembuluh darah (Aterosklerosis) dan menghambat aliran darah.
jantung_koroner
Cara terbaik tidak terkena penyakit jantung koroner adalah dengan mengurangi resikonya yakni dengan membiasakan gaya hidup sehat agar penyakit berbahaya ini tidak hinggap di tubuh. Nah, berikut ini cara menghindari resiko penyakit jantung koroner dengan melakukan tips-tips sehat yang mudah :

1.Jalan kaki dan lari pagi
Berjalan kaki atau lari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan jantung. Cukup melakukannya selama 30 menit akan sangat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner dan pasti akan membantu menurunkan berat badan Anda.


2.Hindari Rokok
Rokok merupakan salah satu musuh bebuyutan jantung. Asap rokok yang mengandung banyak senyawa berbahaya merupakan pangkal terjadinya penyakit jantung koroner. Selain jantung, rokok juga menjadi pemicu terjadinya kanker.


3.Kurangi makan daging merah
Daging sarat akan kolesterol yang bisa menyumbat saluran arteri yang menjadi sebab terjadinya penyakit jantung koroner. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi daging. Takaran standar konsumsi daging merah yang diperbolehkan yaitu hanya sebanyak 4 ons daging merah / minggu. Kurangi makan daging merah. Coba ganti dengan makan ikan laut atau makanan sarat protein lain seperti putih telur. Makanan kaya protein sangat baik untuk kesehatan jantung. Saat makan daging, baik juga bila ditemani dengan makanan sarat serat seperti kentang dan ketela. Serat dalam makanan tersebut akan membantu menjaga tingkat gula darah dan menurunkan tekanan darah. Hal itu akan membuat arteri sehat sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.


4.Banyak tertawa dan bersyukur Sering bersyukur akan membantu tubuh Anda lebih tenang sehingga tidak ada lagi perasaan tak nyaman yang dapat memicu ketidaknormalan dalam tubuh seperti depresi dan stres. Saat depresi, jumlah hormon dalam tubuh akan meningkat dan mengancam kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, orang yang sering bersyukur akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sampai sembilan persen. Sering-sering tertawa juga akan menghasilkan efek yang baik bagi tubuh. Rasa depresi dan stres yang potensial menganggu kesehatan jantung akan lenyap.
5.Rutin membersihkan gigi
Menyikat gigi secara teratur sangat baik untuk kesehatan jantung. Bakteri yang tersembunyi sangat berbahaya sebab ketika terjadi infeksi pada gusi, dapat berimbas pada organ jantung. Jadi, bersihkan gigi secara teratur.

Nah, Selain 5 hal di atas, mencegah resiko penyakit jantung koroner juga bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Jangan biarkan hidup Anda hanya berfokus pada pekerjaan. Meluangkan waktu bersama orang terkasih akan sangat besar manfaatnya.
Waktu tidur yang cukup juga sangat berperan menjaga kesehatan tubuh. Tidur dalam enam sampai delapan jam sehari juga sangat dibutuhkan tubuh. Kebutuhan tidur yang tercukupi mampu membuat tubuh lebih segar dan jelas mencegah terjadinya resiko penyakit jantung koroner. Semoga Bermanfaat

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Lengkap

0 comments :

Post a Comment

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA