Home » » Efek Samping Penggunaan Softlens di Mata Kita

Efek Samping Penggunaan Softlens di Mata Kita

Ditulis oleh Unknown pada Monday, June 3, 2013 | Monday, June 03, 2013

Info Lengkap - Banyak orang yang merasa bahwa menggunakan kacamata adalah merepotkan dan banyak yang menghindari untuk menggunakannya karena menganggap frame bisa membuat wajah mereka tampak buruk. Walaupun kini kacamata sudah menjadi sebuah aksesoris dan tidak hanya dipakai oleh penderita mata minus saja, namun sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan softlens. Walaupun tampilan mata bisa tampak lebih menarik dengan tersedianya berbagai macam model dan warna pada softlens, namun penggunaan softlens juga tetap memiliki efek samping pada mata Kita. 
Seperti yang dilansir oleh Boldsky, berikut ini adalah beberapa efek samping penggunaan softlens tersebut :

mata menggunakan softlens


1. Mata Merah
Ketika menggunakan soft lens, terkadang mata Anda merasakan sensasi seperti terbakar. Mata memang sensitif, sehingga ketika terkena debu mata mudah menjadi merah. Dengan menggunakan soft lens, mata yang merah tersebut bisa berlanjut kepada peradangan dengan cepat. Benjolan dan bengkak bisa timbul pada kelopak mata. Benjolan seperti itulah yang membuat Anda sulit untuk menggunakan soft lens kembali dan harus menunggu mata untuk sembuh seperti sedia kala.

2. Mata Kering
Efek samping lain yang sering terjadi dari penggunaan soft lens walam waktu yang cukup lama adalah mata menjadi kering dan gatal. Kondisi tersebut pastilah tidak menyenangkan untuk melihat dan beraktivitas.

3. Alergi
Salah satu efek samping yang kerap tidak disadari oleh pengguna soft lens adalah alergi mata. Alergi berupa mata merah sering dialami ketika Anda melepaskan soft lens. Mungkin ini kerap terjadi pada mata Anda, namun hal tersebut sering tidak disadari dan tetap menggunakannya.

4. Kebersihan
Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif. Jika kebersihan dari lensa tidak terjaga dengan baik, mata Anda bisa mengalami infeksi. Maka jagalah kebersihan soft lens Anda, sebelum dan setelah menggunakannya, agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan. Karena infeksi pada mata bisa menjadi lebih menyakitkan daripada bagian tubuh lainnya.

Softlens sebenarnya tidak boleh digunakan lebih dari 8 jam setiap harinya, untuk menjaga mata tetap dalam keadaan sehat dan normal. Dan jangan lupa pula untuk mengganti soft lens secara rutin sesuai dengan kemampuan dari masa pakainya, ada produk soflens yang bertahan hanya untuk 1 bulan, ada pula yang masa pakainya hingga 3 hingga 6 bulan. Semoga artikel Efek Samping Penggunaan Softlens ini dapat bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Lengkap

2 comments :

  1. enak pake kaca mata y
    softlens cuman bisa dipake sampe 8 jam
    kalo kacamata, bisa lebih

    mm.. kira-kira ada dampak negatif dari pemakaian kacamata berlebihan enggak ya ?
    :-s

    nice share :)

    ReplyDelete

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA